Selamat Datang!!

Selamat Datang!!!

Senin, 20 Juni 2011

Media dan Multimedia Pembelajaran terbaru (SMARTboard)

Pada dasarnya proses pembelajaran adalah proses komunikasi, yaitu proses menyampaian pesan dari sumber pesan melalui saluran/media tertentu ke penerima pesan. Pesan, sumber pesan, saluran/media dan penerima pesan adalah komponen-komponen proses komunikasi. Pesan yang akan di komunikasikan adalah isi ajaran ataupun materi yang sudah tertuang dalam kutikulum yang telah dibuat sebelumnya.Sumber pesannya bisa pengajar, atau orang lain yang memiliki pengetahuan yang dibutuhkan sesuai dengan materi yang ada di kurikulum, salurannya dinamakan dengan media bisa berupa alat/barang yang digunakan sebagai perantara antara sumber pesan dan penerima pesan sedang penerima pesan adalah siswa.
Dari berbagai gagasan tentang pengertian media tersebut di atas dapat disimpulkan bahwa:
1. Media pembelajaran adalah segala sesuatu yang dapat menyalurkan pesan dan merangsang pikiran, perasaan dan kemauan siswa sehingga dapat mendorong terjadinya proses belajar mengajar.
2. Media pembelajaran merupakan media yang penggunaannya diintegrasikan dengan tujuan dan isi pengajaran yang biasanya sudah dituangkan dalam silabus dan dimasudkan untuk mempertinggi kegiatan proses belajar mengajar.
Adapun media pembelajaran yang kita kenal diantaranya yaitu,
1. Poster 
2. OHP
3. LCD proyektor. 
Namun, akhir-akhir ini ada sebuah perkembangan baru dalam media pembelajaran yang dikenal sebagai "smart-board". Pada prinsipnya smart-board ini adalah membuat papan tulis (smart) menjadi touch-screen. Hal ini akan memudahkan guru dalam menulis atau menggambar. Yang lebih keren, mengajar terkesan lebih elegan dan profesional jika menggunakan smart-board. 
Berikut merupakan demonstrasi cara menggunakan Smart-board.

Harga satu set Smart-board ini bisa dibilang masih selangit, untuk memilikinya anda harus merogoh kocek kira-kira Rp. 100-200 jutaan lebih (harga di bulan & tahun tulisan ini dibuat).
Ya, penulis berharap semoga kelak smartboard bisa digunakan di sekolah-sekolah di seluruh Indonesia sehingga kualitas pendidikan Indonesia semakin meningkat.

Artikel terkait: http://id.shvoong.com/social-sciences/education/2157864-pengertian-media-pembelajaran/#ixzz1PneItPSe
Sumber : http://www.youtube.com/watch?v=0U05WeXPGlk

Tidak ada komentar:

Posting Komentar