Selamat Datang!!

Selamat Datang!!!

Rabu, 22 Juni 2011

Sejarah Nasi Goreng

       Nasi goreng (Hanzi: 炒飯) makanan yang dibuat dari nasi yang digoreng dengan bumbu dan bahan-bahan lainnya. Nasi goreng adalah makanan populer di Asia Timur dan Asia Tenggara.
      Nasi adalah sebuah bagian penting dari masakan tradisional Tionghoa, menurut catatan sejarah sudah mulai ada sejak 4000 SM. Nasi goreng kemudian tersebar ke Asia Tenggara dibawa oleh perantau-perantau Tionghoa yang menetap di sana dan menciptakan nasi goreng khas lokal yang didasarkan atas perbedaan bumbu-bumbu dan cara menggoreng. Nasi goreng sebenarnya muncul dari beberapa sifat dalam kebudayaan Tionghoa, yang tidak suka mencicipi makanan dingin dan juga membuang sisa makanan beberapa hari sebelumnya. Makanya, nasi yang dingin itu kemudian digoreng untuk dihidangkan kembali di meja makan.
    
     Sebenarnya saya tdk begitu suka dengan jenis makanan ini, karena nasi goreng dapat membuat perut saya "eneg" dan mual. Saya jg punya cerita dengan nasi goreng, suatu ketika di malam hari sy bersama tmn ingin makan malam kemudian kami putuskan untuk membeli nasi goreng sebagai makanan akhir sebelum tidur. tidak panjang lebar kami pun membeli nasi goreng yang letaknya di dekat terminal (sebenarnya samping terminal banget). saya mesen nasi goreng yg ga pedas (#maklum mulut saya sensitif ma rasa pedas) sedangkan temen saya mesen pedas. Eh emang dasar nasib kali ya,.. si pelayan malah ngasih nasi goreng yang pedas ke saya,... berhubung nasi goreng pesenan saya udah dilahap duluan ma temen saya jadi saya ga mau ngambil makanan tsbt (#pencegahan takut kena rabies atau AIDS,... heheh peace Za!!) ,.. alhasil saya pun memakannya sedikit demi sedikit sambil merem melek... baru 10 sendok (kalo ga salah..pokonyamah ga habis) saya udah berhenti karena ga kuat.... Hmmmhhh emang hari yang sial... kalo ga salah temen saya jg lagi ngalamin hari yang sial jg... (jadi penyebar pesan aneh dan khirnya jd buronan...hahaha)... dan akhirnya makanan terakhir sebelum tidur adalah 2 buah roti sobek dan tetap si perut ga bisa kompromi,.. tapi dipaksa lah dibawa tidur akhirnya berhenti jg,...
    
    Nasi goreng juga dikenal sebagai masakan nasional Indonesia. Dari sekian banyak hidangan dalam khazanah Masakan Indonesia, hanya sedikit yang dapat dianggap sebagai makanan nasional sejati. Masakan nasional Indonesia ini tidak mengenal batasan kelas sosial. Nasi goreng dapat dinikmati secara sederhana di warung tepi jalan, gerobak penjaja keliling, hingga restoran dan meja prasmanan dalam pesta.
    Ada berbagai macam resep nasi goreng tapi unsur utamanya adalah nasi, minyak goreng, kecap manis. Selain itu banyak tambahan lain yang dapat dimasukkan, mulai dari sayuran, daging, sampai sambal, saos, kerupuk dan telur goreng.

Nah yang lebih menariknya lagi dengan nasi goreng ini adalah sampai ada jingle nya jg loh,.... pastinya ada yang udah tau kan yah... yah nama judul lagu ini yaitu Geef Mij Maar Nasi Goreng yang dipopulerkan oleh Louisa Johanna Theodora "Wieteke" van Dort yang lebih dikenal dengan Wieteke Van Dort yang lahir Surabaya, 16 Mei 1943 seorang keturunan Walanda (Belanda.red).

Wieteke Van Dort
 Bagi yang belum tau lagunya yang berjudul Geef Mij Maar Nasi Goreng saya sengaja Upload lagunya khusus untuk anda hehehe... mohn maaf jika kurang bagus gambarnya,... sebenarnya saya udah mencoba meng upload video yang bagus tapi berhubung ada kendala di koneksi internet dan file nya cukub besar jadi hanya video ini yang bisa saya upload...

cheki dot!!!

video

Berikut Lirik lagunya
Toen wij repatrieerden uit de gordel van smaragd
Dat Nederland zo koud was hadden wij toch nooit gedacht
Maar ‘t ergste was ‘t eten.
Nog erger dan op reis
Aardapp’len, vlees en groenten en suiker op de rijst
Geef mij maar nasi goreng met een gebakken ei
Wat sambal en wat kroepoek en een goed glas bier erbij
Geef mij maar nasi goreng met een gebakken ei
Wat sambal en wat kroepoek en een goed glas bier erbij
Geen lontong, sate babi, en niets smaakt hier pedis
Geen trassi, sroendeng, bandeng en geen tahoe petis
Kwee lapis, onde-onde, geen ketella of ba-pao
Geen ketan, geen goela-djawa, daarom ja, ik zeg nou
Geef mij maar nasi goreng met een gebakken ei
Wat sambal en wat kroepoek en een goed glas bier erbij
Geef mij maar nasi goreng met een gebakken ei
Wat sambal en wat kroepoek en een goed glas bier erbij
Ik ben nou wel gewend, ja aan die boerenkool met worst
Aan hutspot, pake klapperstuk, aan mellek voor de dorst
Aan stamppot met andijwie, aan spruitjes, erwtensoep
Maar ‘t lekkerst toch is rijst, ja en daarom steeds ik roep
yang ingin download lagunya silakan ikuti link berikut!! 

Link terkait : 

   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar